Rabu, 09 Agustus 2017

Manfaat Belajar Algoritma dan Pemrograman

Semua mahasiswa yang masuk di jurusan ilmu komputer tidak lepas dari mata kuliah algoritma dan pemrograman. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang biasanya ditempuh di awal perkuliahan atau semester I. Sebelum perkuliahan dimulai mahasiswa perlu mengetahui tujuan dan manfaat belajar algoritma dan pemrograman. Sebagai informasi, algoritma sebenarnya sudah tidak asing bagi kita, proses didalam algoritma sudah dijumpai dalam kehidupan kita sehari hari. Algoritma yang mempunyai pengertian sebagai urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang disusun secara sistematis dan logis. Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma yang bersifat nyata dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar.
Sebagai contoh algoritma dalam kehidupan kita adalah jika kita membaca resep masakan, selain bahan-bahan yang digunakan, kita juga melihat bagaimana cara pembuatan masakan tersebut. Cara pembuatan masakan tersebut sebenarnya sudah menyatakan algoritma. Namun algoritma didalam matakuliah ini adalah membuat urutan langkah-langkah logis didalam pembuatan sebuah program aplikasi agar menghasilkan output yang diharapkan.

Adapun tujuan dan manfaat mempelajari algoritma dan pemrograman adalah :
1.        Meningkatkan Kemampuan Berpikir Secara Logis
 Logika dan algoritma pemrograman menjadi suatu hal yang sangat penting dalam membuat atau mengembangkan sebuah produk. Kesalahan logika yang digunakan, tentu akan berakibat fatal terhadap produk yang akan dikembangkan. Selain eror, tentu produk yang dikembangkan tidak akan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

2.        Mengembangkan Cara Berpikir Dengan Sistematis
Dalam membuat sebuah algoritma harus secara urut dan sistematis begitu juga dengan program hasil penerapan dari algoritma, seseorang akan dihadapkan pada baris-baris kode yang harus disusun secara sistematis. Baris-baris kode ini tidak boleh terbolak-balik baik penyusunannya maupun penulisannya, agar program yang dibangun dapat berjalan tanpa permasalahan.

3.        Memperkuat analisis ketika pembuatan program
Ketika membuat algoritma maupun program terkadang muncul kesalahan-kesalahan dalam penyelesaianya, misalnya program yang dibangun eror saat diverifikasi atau di-build. Permasalahan ini akan memerlukan sedikit ketelitian untuk mengatasinya yaitu dengan mengecek ulang kode, dan mencari bagian kode yang menyebabkan terjadinya permasalahan. dengan terbiasa mencari kesalahan dalam menuliskan kode saat belajar, kita akan menjadi terbiasa dan lebih teliti dalam menuliskan kode dalam membuat sebuah program.

4.        Meningkatkan Kemampuan dalam Mengatasi Masalah
       Tujuan utama algoritma adalah menyelesaikan masalah, jadi kita akan dilatih untuk menyelesaikan sebuah permasalahan, baik itu tentang bagaimana program aplikasi harus bekerja maupun bagaimana mengatasi kesalahan-kesalahan yang terjadi. secara tidak sadar, kita juga akan membawa hal ini ke dalam kehidupan sehari-hari untuk menghadapi berbagai macam permasalahan yang terjadi. Kita secara tidak sadar akan berpikir secara logis dan sistematis

Bagi mahasiswa program studi Sistem Informasi UMK materi algoritma dan pemrograman bisa di download di http://sunan.umk.ac.id/

semoga bermanfaat...

1 komentar: